Defacer Indonesia

adalah kelompok atau individu dari Indonesia yang melakukan defacement, yaitu mengubah tampilan sebuah situs web secara ilegal. Mereka sering melakukan ini sebagai bentuk protes, demonstrasi keterampilan, atau sekadar mencari perhatian. Aksi mereka mencakup mengganti halaman depan situs web dengan pesan atau gambar tertentu.

Zone-H

adalah situs web yang berfungsi sebagai arsip global dari serangan defacement di internet. Setelah melakukan serangan, defacers sering kali melaporkan situs yang mereka retas ke Zone-H. Situs ini mencatat detail serangan, seperti situs yang diretas, pesan yang ditinggalkan, dan informasi teknis lainnya. Zone-H juga digunakan oleh para peneliti keamanan siber untuk memantau aktivitas peretasan.

Jika digabungkan, Defacer Indonesia adalah komunitas atau individu yang melakukan defacement di situs web, sering kali melaporkan hasil serangan mereka ke Zone-H untuk dipublikasikan dan diarsipkan. Zone-H kemudian menyimpan catatan serangan ini, sehingga aksi defacement yang dilakukan oleh peretas dari Indonesia atau negara lain dapat diakses dan dilihat oleh publik, termasuk oleh komunitas peretas dan pakar keamanan.